5 Keunggulan Optimasi SEO untuk Promosi Bisnis

  • 2 min read
  • Des 24, 2020

ilped.com, – Banyak cara maupun strategi yang dapat dilakukan untuk mendukung pemasaran bisnis secara online. Salah satu cara tersebut adalah dengan implementasi SEO sebagai media promosi bisnis Anda.

Lalu, Apa arti SEO? Apa saja manfaat yang dapat diambil setelah menerapkan prinsip SEO? Simak penjelasan lengkap dalam artikel berikut ini.

Apa yang dimaksud SEO?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah salah satu cara untuk memunculkan website berada di posisi teratas pencarian Google. Misalnya sesorang mencari sebuah kata kunci tertentu yang berhubungan dengan bisnis Anda, kemudian website Anda akan muncul di halaman pertama pencarian Google.

Salah satu keunggulan SEO adalah pencarian yang dihasilkan secara original, tanpa melalui iklan atau memasang iklan. Alasan tersebut menjadi kesimpulkan bahwa SEO adalah strategi pemasaran atau promosi bisnis dengan biaya murah dan mudah dilakukan. Berikut beberapa keunggulan lain dari SEO yang bisa menjadi keuntungan untuk bisnis Anda.

Beberapa Keunggulan Optimasi SEO untuk Bisnis

1. Meningkatkan Brand Awareness

Saat Anda membeli sebuah produk, pasti Anda akan memilih produk dengan brand  yang Anda kenal. Itulah alasan perlu membangun brand awareness.

Brand awarness adalah mengenali brand yang dipromosikan dengan menganalisa target pasar. Apabila Anda memiliki produk atau jasa yang sudah punya brand akan mudah bagi Anda untuk menjual ke target pasar.

SEO adalah strategi yang dapat meningkatkan brand awareness. Dengan menerapkan prinsip SEO, produk bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh orang melalui mesin pencarian.

2. Meningkatkan Konversi

Selain membuat target pasar Anda juga perlu menentukan produk bisnis agar bisa dikenal melalui brand, SEO juga bisa meningkatkan konversi. Orang – orang kebanyakan akan membeli produk dari brand yang nampak familiar.

Dengan semakin familiar brand Anda kemungkinan besar orang-orang akan membeli produk Anda atau memakai jasa Anda.

3. Membangun kredibilitas Brand

Dengan berada di urutan atas dari hasil mesin pencarian memberikan validasi bagi produk Anda termasuk produk terbaik di industri. Hal tersebut membuat produk bisnis Anda menjadi produk yang banyak di cari orang dan sebagai produk yang populer.

Di sisi lain, Anda juga mendaptkan hasil dari melakukan promosi melalui penerapan SEO. Ketika bisnis Anda berada di posisi bawah, orang akan melihat bahwa Anda belum memiliki budget untuk mengoptimalkan promosi bisnis Anda.

4. Mendorong orang-orang berkunjung ke toko Anda

Anda dapat mendorong Optimasi SEO untuk mendatangkan calon customer untuk datang langsung ke toko Anda. Lalu, bagaimana SEO bisa mendatangkan orang untuk mengunjungi toko Anda?

Menurut Hubspot.com, orang sering melakukan pencarian melalui mobile dengan kata kunci “buka” + “sekang” + “dekat saya”. Selain itu bisa memperoleh pertumbuhan hingga lebih dari 200 persen.

Inilah pentingnya melakukan optimasi SEO. Meningkatnya jumlah orang melakukan pencarian mobile adalah peluang bagi pelaku bisnis yang tidak boleh dilewatkan. Bisnis Anda akan mucul di pencarian teratas, sehingga membuat orang mudah mendapatkan informasi tentang bisnis Anda.

5. Meningkatkan user experience

Dengan optimasi SEO berarti dapat melakukan optimasi pada website. Dalam menentukan peringkat dalam mesin pencarian, perlu Anda pertimbangkan seberapa nyaman suatu website bagi pengguna melalui Google Search.

Semakin optimal strategi SEO tersebut maka semakin baik juga user experience yang dirasakan pengguna saat mengunjungi website bisnis Anda. Selain itu juga untuk meningkatkan kepuasan pengguna, bahkan bisa memikat pengguna untuk melakukan pembelian produk Anda.