Apa itu FOMO? Bagaimana Cara Menyusun Strategi Bisnis

  • 2 min read
  • Des 20, 2020

ilped.com, – Fear of Missing Out atau biasa dikenal dengan FOMO, ini sebagai istilah yang tepat bagi Anda untuk selalu up to date. FOMO bisa menjadikan trik pemasaran yang dinilai unik.

Menurut laman Bisnis, FOMO bisa memanfaatkan kekuatan psikologi manusia untuk mendaptkan keuntungan.

Selain itu, manusia juga sering berasumsi bahwa orang lain menmpunyai pengalaman atau hal yang lebih baik dari dririnya. Itu sebabnya, tidak heraan banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi orang yang paling update, alias tidak mau ketinggalan zaman.

Hal ini sudah diterapkan di beberapa e-commerce besar seperti Amazon, Sephora, dan Flipkar yang sudah memanfatkan trik FOMO dengan pencapain penjualan tertinggi.

Bisnis dengan skala kecil juga bisa menggunakan trik FOMO ini, berikut caranya:

Tetapkan Batas Waktu dan Kelangkaan Barang

Penting dilakukan dalam menetapkan batas waktu atau menghitung mundur penawaran dan miciptakan diskon urgensi, hal ini berhasil dilakukan untuk mempengaruhi orang dalam melakukan pembelian implusif di bawah tekanan.

Contohnya flash sale, ini menjadi daya tarik bagi konsumen serta bisa membantu penjual untuk meningkatkan penjualannya melalui penawaran produk dengan diskon besar dalam waktu yang relatif singkat.

Sehingga trik FOMO ini dapat menarik pembeli untuk mengambil peluang agar tidak terlewat, bahakan bisa jadi mereka tidak membutuhkan produk saat ini.

Anda juga bisa menampilkan status inventaris produk, supaya menaraik pengguna untuk melakukan pre-order. Adapun trik ini pernah dilakukan oleh e-commerce besar seperti Amazon untuk mengingatkan pelanggannya terkait kelangkaan produk.

Penawaran Gratis Ongkir dan Produk Eksklusif

Ongkos kirim (Ongkir) bisa menjadi media promo yang menarik bagi pelanggan. Tidak jarang biaya ongkir bisa membuat konsumen tanpa berpikir dua kali sebelum membeli produk.

Selain itu melalui penawaran pengiriman gratis dalam jangka waktu tertentu untuk nilai barag tertentu bisa mendorong pelanggan untuk membeli suatu produk tamabahan untuk menghemat biaya pengeluaran pengiriman.

Anda juga bisa memberikan penawaran eksklusif untuk pelanggan Anda. Contohnya memberikan penawaran produk eksklusif  dengan kemasan serta tampilan yang berbeda dari sebelumnya yang sudah pernah dibeli oleh pelanggan lain.

Promosikan Konten Konsumen

Jangan menyepelekan sebuah review atau ulasan prduk dari konsumen Anda, sebab ulasan dari mereka bisa membantu Anda dalam menjaga reputasi dan kepercayaan terkait dengan produk yang Anda jual.

Selain itu, ulasan deskripsi produk dari konsumen tersebut bisa membantu konsumen lain untuk melakukan pembelian produk yang sesuai. Menurut pakar e-commerce menganggap strategi ini menjadi teknik dalam pengoptimalan tingkat konversi terkait kepastian pelanggan.