Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas di Pegadaian

  • 5 min read
  • Des 26, 2020

ilped.com, – Investasi sekarang ini menjadi media pencarian uang yang sangat menggiurkan. Banyak anak muda mulai melakukan investasi seperti berinvestasi emas di pegadaian. Lalu Apa saja produk yang ditawarkan pegadaian, dengan investasi emas di pegadian? Berikut ulasan penjelasan keuntungan dan kerugian investasi emas di pegadaian. Simak artikel ini agar Anda dapat mengetahui investasi emas di pegadaian.

Produk Investasi Emas di Pegadaian

Beberapa layanan dan produk investasi emas di pegadaian sebagai berikut:

Mulia

Mulia adalah layanan produk penjualan emas batangan kepada masyarakat yang bisa dilakukan melalui uang tunai, angsuran, arisan atau kolektif untuk mempermudah proses dan menghemat waktu agar fleksibel. Layanan ini terdapat berbagai pilihan mulai dari emas batangan dengan berat 5 gram sampai 1 kilogram.

Untuk melakukan proses pembelian Anda dapat melakuakn secara angsuran dengan minimal uang muka mulai dari 10 persen hingga 90 persen dari nilai logam mulia tersebut. Proses angsuran tersebut memiliki jangka waktu mulai dari 3 bulan hingga 36 bulan.

Anda dapat melakukan pembelian secara tunai dengan datang langsung ke outlet pegadaian (Galeri  24) terdekat untuk melakukan proses pembelian nilai logam mulia. Jika Anda ingin melakukan pembayaran emas batangan Anda bisa membayar dengan angsuran sesuai dengan kesanggupan dan keinginan Anda.

Mulia Arisan atau Kolektif

Tersedia dua produk yang dapat dilakukan dengan pembayaran melalui angsuran dan melayani investor antar kelompok atau sekelompok orang yang memiliki anggota minimal 6 orang. Persyaratan yang Anda penuhi jika melakukan pembelian Mulia Arisan seperti memiliki kartu identitas yang masih berlaku setiap anggotanya.

Anda dapat melakukan pembayaran melalui uang muka minimal 10 persen dari harga tersebut. Penentuan harga dapat dilakukan di awal arisan dan Anda memiliki kesempatan untuk memilih waktu pembiayaan maksimal hingga 36 bulan.

Pembayaran angsuran dapat dilakukan melalui ATM atau Outlet Pengadaian terdekat, bahakan Anda juga bisa melakukan pembayaran angsuran secara online. Selain itu untuk proses transaksi layanan emas batangan dan Mulia Kolektif dapat dilakukan proses angsuran yang memiliki komunitas sehingga proses tersebut dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Setiap anggota di wajibkan menyerahkan kartu identitas seperti KTP dan lainya untuk melakukan menkamutangai akad pembiayaan setiap orang.

Jika pada Mulia Arisan dapat dilakukan pembayaran uang muka minimal 10 persen dari harga tersebut, lain halnya pada Mulia Kolektif Anda dapat melakukan pembayaran uang muka minimal 20 persen. Setiap anggota dapat menentukan pilihan keping emas dan bisa memiliki buy back yang sangat kompetitif.

Tabungan Emas

Tabungan emas adalah proses melakukan pemebelian dan penjualan emas dengan harga terjangkau serta memiliki fasilitas penitipan. Layanan tabungan emas ini mempermudah masayarakat untuk melakukan investasi emas. Dengan modal sedikit Anda dapat melakukan tabungan emas mulai dari Rp6.000, Anda sudah memiliki tabungan emas dengan berat 0.01 gram bila dikonversikan.

Biasanya para nasabah melakukan pencairan saldo tabungan emas saat saldo emas memiliki berat 1 gram. Selain itu syarat menabung emas di Pegadaian cukup mudah dan ringan yaitu menyerahkan kartu identitas seperti fotokopi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Konsinyasi Emas

Konsinyasi emas adalah layanan untuk menitipkan jual emas batangan di Pegadaian yang dimiliki nasabah agar emas tersebut tetap aman apabila disimpan di Pegadaian. Keuntungan yang didapat dari hasil penjualan emas batangan di Pegadaian akan diberikan ke nasabah, sehingga hasil penjualan emas tersebut tetap produktif.

Skema ini sangat berbeda jika dibandingkan dengn skema investasi lainnya. Sekema konsinyasi emas adalah dilakukan dengan cara titip-jual. Contohnya Apabila Anda melakukan penitipan emas di Pegadaian melalui layanan Konsinyasu Emas, maka Anda dapat menjual kembali emas tersebut dengan pihak Pegadaian untuk memenuhi keperluan nasabah lainnya.

Di sisi lain penjual akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan, keuntungan dari hasil penjualan emas di Pegadaian akan diberikan ke nasabah. Emas yang Anda miliki dapat diganti dengan kadar dan berat yang sama oleh pihak Pegadaian. Sehingga emas yang Anda simpan di Pegadaian akan aman seperti awal Anda memberikan ke pihak Pegadaian.

Mengapa Banyak Orang yang Berinvestasi Emas?

Emas merupakan logam mulia dengan kuantitas yang terbatas, sehingga membuat harga emas setiap tahunnya cenderung naik.

Bila Anda menabung uang di bank, kemungkinan besar uang Anda akan berkurang mengikuti nilai inflasi. Contohnya Uang sepuluh ribu sekarang akan berbeda dengan uang sepuluh ribu di tahun yang akan datang.

Apabila Anda menabung emas, kemungkinan besar bisa dua kali lipat harganya dibandingkan dengan harga awal beli dan harga setelah menjual emas sekarang. Jika Anda melakukan pembelian lebih banyak logam kuning (emas), kemungkinan keuntungan Anda semakin banyak.

Sebelum Anda menyesal, alangkah baiknya Anda pertimbangkan untuk berinvestasi jangka panjang dengan emas. Sebelum Anda melakukan investasi alangkah baiknya Anda simak penjelasan kelebihan dan kekutangan tabungan emas di pegadaian.

Kelebihan Tabungan Emas di Pegadaian

Jika Anda belum memiliki dana yang cukup untuk membeli emas, Anda bisa mengikuti program dari Pegadaian yaitu program menabung emas di Pegadaian.

Pegadaian adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dibidang keuangan, selain itu pegadaian juga melayani orang-orang yang ingin tabungan tetap dengan cara menabung emas di Pegadaian. Layanan produk ini dinamakan tabungan emas di Pegadaian.

Tabungan Emas adalah suatu layanan yang dapat dilakukan melalui proses penjualan dan pembelian emas dengan fasilitas titipan di Pegadaian dengan harga yang relatif terjangkau.

Layanan kemudahan berinvestasi emas di Pegadaian. Apabila anda ingin tahu keuntungan dari tabungan emas di Pegadaian? Simak ulasan berikut ini.

Pembelian Emas Dengan Harga Terjangkau

Meskipun uang yang Anda miliki masih sedikit, Anda juga bisa menyisihkan pendapatan Anda untuk investasi emas.

Mulai dari Rp5.000 Anda dapat menabung emas melalui setor tunai, hasil tabungan tersebut akan dikonversi menjadi gram di dalam buku rekening.

Apabila nilai tabungan emas Anda memiliki berat minimal 1 gram emas, tabungan Anda dapat di cairkan.

Itulah keuntungan investasi yang bisa Anda coba sebelum melakuna investasi emas.

Anda Bisa Memilih Emas Bersertifikasi

Bagi Anda yang baru memulai investasi emas pasti akan sulit mebedakan antara emas asli dan emas palsu, selain itu juga hasrus memastikan berat gram emas tersebut.

Agar tidak mudah tertipu, pastikan Anda melakukan transaksi dengan membeli emas yang punya sertifikasi seperti Pegadaian atau Antam.

Mudah dan Cepat Dicairkan

Anda dapat melakukan pencairan ketika Anda sedang membutuhkan oleh karena itu Tabungan emas bersifat likuid.

Anda dapat melakukan pencairan emas dengan mudah bahkan lebih gampang jika dibandingkan dengan investasi rumah atau properti.

Apabila Anda mendapatkan emas secara fisik itu artinya tabungan emas Anda sudah mencukupi sehingga emas tersebut sudah menjadi milik Anda. Emas fisik Anda bisa Anda jual kembali atau bisa digadaikan emas tersebut.

Anda dapat melakukan pegadaian atau menjaminkan emas tersebut ke Pegadaian. Anda akan mendapatkan nominal harga sesuai dengan nilai jual kebijakan Pegadaian.

Lebih Aman

Anda juga perlu melakukan penyimpanan emas tersebut untuk investasi emas di tempat yang aman seperti saftey deposit box di bank.

Anda tidak perlu kebingungan untuk menyimpan emas dan keamanan emas Anda, apabila Anda sudah menggunakan tabungan emas di Pegadaian, karena emas tersebut akan disimpan dengan aman oleh pihak Pegadaian.

Kemudahan Transaksi

Anda dapat melakukan transaksi dengan cara transfer bank, sehingga Anda tidak perlu repot datang langusng untuk menabung emas.

Anda dapat melakukan Top up saldo secara online melalui channel bank seperti Internet Banking BRI, Mandiri Internet, Mandiri Mobile, dan BNI Banking bahkan Anda juga bisa melakukan top up  saldo melalui ATM terdekat.

Bebas Pajak dan Aturan

Apabila Anda memiliki tabungan emas maka Anda tidak perlu membayar pajak atas kepemilikan tabungan emas. Sehingga Anda bebas memiliki tabungan emas karena tidak ada pajak maupun (undang-undang) yang berhubungan dengan hal tersebut.

Di sisi lain apabila Anda memiliki tabungan berupa uang tunai, Anda bisa dikenakan pajak apalagi Anda diwajibkan untuk membayar biaya administrasi setiap bulannya.

Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian

Berikut ini adalah ulasan tentang kekurangan dari tabungan emas di Pegadaian.

Ada Berat Minimal untuk Dicairkan

Jika Anda ingin melakukan pengambilan emas atau mencetak emas batangan yang sudah Anda tabung, Anda diharuskan memiliki salado emas dengan jumlah emas batangan minimal dengan berat 5 gram.

Disis lain apabila Anda ingin melakukan pembukaan tabungan emas, Anda diharuskan menabung minimal 0,1 gram.

Terdapat Kurs Beli dan Kurs Jual

Di Pegadaian masih ada kurs beli dan kurs jual sehingga Anda tidak bisa menjaminkan tabungan emas tersebut apabila mengalami selisih harga dan perbedaan antara kurs beli dan kurs jual.

Program ini Belum Ada di Semua Cabang Pegadaian

Untuk membuka tabungan atau mendaftar tabungan emas di Pegadaian Anda di haruskan membawa kartu identitas seperti KTP sebagai syarat pendaftaran tabungan emas dan datang ke kantor cabang pegadaian terdekat Anda.

Namun tidak semua cabang Pengadaian memiliki program tabungan emas, Anda harus memastikan terkait program tabungan emas tersedia di cabang Pegadian terdekat Anda.

Selain itu untuk melakukan pencairan dan mencetak tabungan emas, hanya bisa dilakukan di tempat Pegadaian yang Anda daftar sebelumnya.

Ada Biaya Administrasi dan Biaya Fasilitas Titipan

Anda akan terkena biaya administrasi awal sebesar Rp10 ribu sedangkan untuk biaya fasilitas selama 12 bulan biaya sebesar Rp30 ribu. Jika ingin emas Anda berbentuk fisik maka Anda akan kena biaya tambahan untuk cetak.

Belum Bisa Daftar Online

Jika Anda ingin memiliki tabungan emas, Anda diharuskan datang langsung ke cabang Pegadaian terdekat secara langsung, di karenakan belum tersedianya fasilitas daftar secara online.

Dengan kartu identitas seperti KTP/SIM/Paspor Anda sudah bisa melakukan pendaftaran tabungan emas di Pegadaian.